PKSPH FH UAD Kerjasama Dengan DPR Purworejo Menggelar Focus Group Discussion

PKSPH dan DPRD Purwo. Sumber: Dok.Istimewa

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Purworejo (DPRD Purworejo) dan Pusat Kajian Sejarah dan Pembangunan Hukum Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (PKSPH FH UAD) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) guna penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 yang bertempat di Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan. FGD tersebut dipandu oleh Aghniatus Shelly Nabilah dihadiri oleh Dinas Pariwisata, anggota DPRD Komisi III beserta perangkat daerah dibidang pariwisata, perekonomian dan hukum Kabupaten Purworejo.

 

Eko Januar Sutanto selaku Ketua Komisi III DPRD dalam sambutannya menyampaikan harapan terhadap penyusunan peraturan daerah tersebut mampu mendorong peningkatan ekonomi kreatif yang ada di Purworejo. “Penyusunan Raperda tentang pengembangan ekonomi kreatif ini nanitnya diharapkan dapat memberikan melindungi potensi usaha, memberdayakan ekonomi kreatif, serta sebagai instrumen guna menekn laju angka kemiskinan di Purworejo.” imbuhnya.

 

Selain itu, direktur PKSPH FH UAD, yaitu Ilham Yuli Isdiyanto mengatakan bahwa urgensi penyusunan Raperda harus didasarkan realitas sosial di dalam masyarakat. “Penyusunan Raperda yang berangkat bukan dari realitas sosial akan kesulitan keberlakuannya (efacacy)” kata Ilham.  

 

FGD selanjutnya berjalan lancar dimana masing-masing peserta memberikan saran dan masukan sebagai bagian dari aspirasi, kedepan akan ada pelibatan dari pelaku ekonomi dan masyarakat umum sebagai bagian dari meaningfull participation.

Purworejo Bekerjasama Menyusun Raperda Ekonomi Kreatif

0 Komentar