Resep Dan Cara Membuat Sate Daging Sapi Khas Madura Enak dan Gurih

Resep Dan Cara Membuat Sate Daging Sapi Khas Madura Enak dan Gurih.


Sate adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong dan dipanggang di atas bara api. Hidangan ini sering dianggap istimewa dan banyak disukai. Sate dapat dengan mudah ditemukan di mana saja, terutama di pedagang kaki lima. Di setiap daerah di Indonesia, kita akan dengan mudah menemukan penjual sate.

 

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri sate daging, kami memiliki resep sate daging sapi Madura yang lezat dan empuk. Berikut ini adalah resep sate daging sapi Madura yang empuk dan enak yang bisa Anda coba.
Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

Waktu Memasak

Persiapan: 140 menit

Memasak: 45 menit

Total: 185 menit

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate 
Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak


Bahan Utama Membuat Sate Daging Sapi Madura:

500 gram Daging Sapi has dalam


150 ml kecap manis

2 sdm air asam jawa

150 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang halus

5 sdm minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Sate Daging Sapi Madura:


10 butir bawang merah

1/2 sdt merica

3 cm lengkuas

1/4 sdt jintan

2 siung bawang putih

1 sdt garam

2 sdt ketumbar

60 gram gula merah, disisir halus

3 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura yang Empuk dan Enak

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak:

 

Langkah awal dalam resep ini adalah memotong daging sapi menjadi dadu kecil. Pastikan untuk tidak memotong daging terlalu besar atau terlalu tebal agar daging dapat matang dengan merata.


Setelah daging dipotong-potong, masukkan daging dalam wadah ukuran yang sedang dan sisihkan sementara kemudian tutupi bagian atas daging dengan menggunakan daun pepaya. Sisihkan sementara.

Cara Membuat Sate Daging Sapi Madura:

Anda dapat menghaluskan semua bahan dengan menggunakan blender atau metode manual menggunakan cobek dan ulekan. Pastikan untuk menghaluskan semua bahan hingga benar-benar halus dengan merata.

 

Setelah bumbu dihaluskan, ambil daging yang telah disisihkan dalam wadah. Lalu olesi seluruh bagian daging dengan bumbu yang telah dihaluskan. Pastikan setiap bagian daging terlumuri dengan baik menggunakan bumbu yang telah Anda buat.

 

Setelah dilumuri dengan baik, selanjutnya bungkus daging menggunakan daun pepaya untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan memudahkan proses pemasakan saat dibakar.


Sebelum dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbu yang dilumuri bisa meresap pada daging dengan keseluruhan selama kurang lebih 2-3 jam.


Setelah itu, baru siapkan panggangan dan ambil tusukan, silahkan tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan.

Panggang sate hingga matang dengan bara api yang stabil. Sambil sesekali diberikan olesan kecap manis dan mentega untuk membuat rasanya lebih sedap dan nikmat.

 

Sate daging sapi khas Madura siap disajikan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Untuk penyajian yang lebih lezat, berikan bumbu kacang yang lezat di atasnya dan tambahkan acar timun yang segar. Itulah resep untuk membuat sate daging sapi khas Madura. Semoga resep ini berguna dan selamat mencoba!

0 Komentar